Rabu, 30 Maret 2011

ARCHITECTURE FOR HUMANITY

Salam Kampung Kita!

Menindaklanjuti kegiatan inisiasi jejaring kampung kota yang telah dilaksanakan pada tanggal 21 januari 2011 di Universitas Sebelas Maret Surakarta, maka kami mengundang anggota komunitas KAMPUNG KITA untuk berpartisipasi kembali dalam rangkaian acara "Architecture for Humanity" yang puncaknya akan diselanggarakan:


SEMINAR NASIONAL

"MEMBEDAH PERAN ARSITEK DALAM HUBUNGANNYA DENGAN ARSITEK DAN KEMANUSIAAN"



Tempat:
Grha Solo Raya

Waktu:
Minggu, 3 April 2011
09.00-16.30

Pembicara:
- Marco Kusumawijaya (Praktisi Arsitektur)
- Galih Widjil Pangarsa (Akademisi Arsitektur)
- Joko Widodo (Walikota Solo)

Kontribusi:
@Rp 25.000,-





Info lebih lanjut dapat dilihat di poster dan web : bantaran2011@blogspot.com
Mari bersilaturahmi kembali!




Sugeng Rawuh Malih Dhumateng Kitho Solo!



Selasa, 29 Maret 2011

JALAN-JALAN ARSITEKTUR ( MK STUDIO PERANCANGAN 4 ) di JAKARTA

Berawal dari seorang donatur yang menginginkan saya untuk ikut ekskursi bersama teman-teman  mahasiswa Studio Perancangan Arsitekur (SPA) di Jakarta. Dengan rasa senang saya mengiyakan ajakan si donatur ini dan alhasil saya berangkat ke Jakarta pada tanggal 18 Maret 2011. Saya dan teman-teman SPA FAD UNIKA Soegijapranata berkumpul jam 2 siang di Pos Satpam UNIKA dan berangkat jam 3 sore. Sekilas mengingat memori masa kuliah dulu bersama teman-teman KKL di Bali.
Sangat banyak pelajaran tentang rancang bangun dari acara ekskursi ini. Saya dan teman-teman membawa pengalaman berharga dari semua arsitek muda yang kami kunjungi. Mereka (Yori Antar, Andra Matin, dan Budi Pradono) adalah arsitek-arsitek yang ramah dan mau menerima kunjungan kami. Berikut ini cerita dari perjalanan arsitektur kami di Jakarta, kota macet yang memberi inspirasi (kutipan diambil dari Anindya Siwi, salah seorang mahasiswa).
Berdoa sebelum berangkat
Berdoa sebelum berangkat

ANDRA MATIN_ 19 maret 2011
Tanah Teduh, kompleks town house yang di sewakan menjadi destinasi pertama kami. Rumah-rumah ini dirancang oleh berbagai arsitek ternama di Indonesia, seperti Andra Matin sebagai principal architect, Eko Prawoto, Ahmad Djuara dan istrinya, Budi Pradono, Yori Antar, Adi Purnomo dan sebagainya. Yang menjadi kebanggaan bagi saya dan teman-teman, dalam proyek ini ada pak Heinz Frick sebagai "penasehat"-nya dan juga ada alumni UNIKA sebagai koordinator proyek. Bangunan rumah sewa ini sangat bagus dan saya yakin sangat mahal.


Bahan bangunan terbuat dari batu bata ekspose. Ternyata masih ada batu bata yang bagus di Jakarta untuk diekspose. Kompleks ini memang di buat mewah, bayangkan balok kayu besi berdiameter 60 cm dan tinggi kira-kira 8 meter terdapat banyak di sini. Harga satu balok kayu tersebut kira-kira 50 juta. Satu balok kayu ini sebanding dengan 2 rumah sangat sederhana di kampung saya.












Pohon dadakan, di tanah teduh ini ada juga pohon dadakan alias pohon di tanam pada saat sudah besar. Tapi ada juga pohon eksisting yaitu pohon randu yang besar dan terlihat di saat kita memasuki kompleks townhouse ini.















Ini bangunan yang belum jadi, setiap bangunan mempunyai karakter arsiteknya sendiri. Dari deretan seperti ini, saya bisa mengenal karya Eko Prawoto karena punya ciri sendiri yaitu atap genteng kampung. Ada juga karya Ahmad Djuara yang memakai besi baja dan zincalum.







Roaster yang dibikin khusus, roaster-roaster ini yang menyatukan desain dari berbagai macam arsitek. Selain itu juga ada pembiaran pohon tumbuh menembus rumah. Ciri-ciri ini yang menyatukan desain para arsitek.







Lokasi kedua Karya Andra Matin ini adalah bangunan studio untuk acara televisi. Studio ini di sewakan. Dulu pernah di sewa oleh acara Kejar Tayang oleh stasiun Trans TV dan sekarang di sewa oleh acara Main Kata Global TV. Bentuk bangunannya diambil dari traffic di Jakarta. Sebelah bangunan ini ada mushola yang didesain sangat unik dengan roaster sebagai dinding pengisinya. Ciri bangunan yang di desain Andra Matin memiliki warna abu-abu, hitam, dan putih. Ini adalah warna favorit Andra Matin dan rekan kerjanya.





Tempat Imam memimpin sholat

Menggunakan ramp menuju mushola
























BUDI PRADONO_ 20 maret 2011



Kindah Office, sebuah kantor yang seperti rumah tinggal. Karena lensa kamera saya tidak bagus untuk interior maka saya perlihatkan elemen arsitektur yang ada dari koleksi kliping yang ada di lokasi kindah office. Bentuk bangunan yang terinpirasi oleh origami, seni melipat kertas dari jepang. Bangunan ini didominasi oleh beton ekspose berwarna abu-abu. Tangga putar berwarna merah dan terbuat dari besi menjadi centre point-nya. Warnanya mencolok dari warna dominan beton abu-abu.





Kantor ini memiliki halaman yang dikelilingi masa bangunan, masa berorientasi pada halaman tersebut. Banyak bukaan dan kaca mengarah ke halaman untuk mendapatkan pemandangan dan juga pencahayaan alami.







Lokasi kedua yaitu R House. Dinamakan demikian sesuai nama pemiliknya yang bernama Ronie. Main entrance atau gerbang masuk diletakkan pintu geser besi yang diisi pot-pot tanaman. Ide yang sangat kreatif, sangat cocok diterapkan pada bangunan yang tidak mempunyai lahan cukup untuk taman.





Rumah ini di bagi menjadi 3 segmen memanjang ke belakang. Segmen pertama pada fasad bangunan berwajah rumah tradisional betawi dengan elemen arsitektural khas betawi yang di tonjolkan. Elemen tersebut seperti lisplang, lantai ubin, pengisi railing dan juga pada perabotnya. Segmen kedua adalah ruang antara yang berisi kamar tidur tamu dan juga kamar mandi tamu di desain dengan gaya sedikit modern. Sedang segmen ketiga berisi kamar penghuni, ruang makan, ruang keluarga dan dilanjutkan backyard. Segmen ketiga ini bernuansa sangat modern.






Railing pembatas, bentuknya diambil dari elemen arsitektur betawi. Finishing kayu tidak dicat atau plitur tetapi diberi bedak putih agar terkesan kayu lama.
















Di bagian segmen ruang ketiga lampu di buat tidak terlihat. Lampu di sembunyikan di celah -elah plafond yang di bentuk seperti daun.










Pohon dan tanaman yang berada di interior rumah. Pohon tersebut menembus atap beton yang di jadikan atap rumput.












YORI ANTAR_ 21 maret 2011


Sebelum memasuki kantor tempat Yori Antar berkarya saya melihat banyak sekali maket terpajang. Maket ini dapat saya lihat dari luar karena di pajang seperti di etalase toko. Sangat mengesankan, ini baru kantor arsitek. Kantor ini sangat nyaman, ada kolam, ada tempat fitness dan juga mini bar di dekat kolam. Suasana kantor sangat kontras dengan suasana hati para penggiat arsitektur yang selalu di kejar oleh deadline yang sangat ketat.



Maket perkampungan Wae Rebo di Nusa Tenggara Timur kabupaten Manggarai. Di tempat ini Yori Antar berkarya sebagai seorang fasilitator untuk pembangunan rumah tradisional masyarakat Wae Rebo. Tugas Yori Antar yaitu memberitahukan keberadaan masyarakat Wae Rebo kepada donatur-donatur yang akan membangun terwujudnya rumah bagi masyarakat Wae Rebo tersebut. Donatur-donatur tersebut terdiri dari para pejabat dan pengusaha. Yang dilakukan Yori Antar terhadap masyarakat Wae Rebo hampir sama seperti yang dilakukan Romo Mangun terhadap Kali Code. Yori Antar dan Romo Mangun adalah contoh seorang Wastu. Wastu berbeda dengan Arsitek, Wastu membangun dengan hati nurani yang bijak dan juga akal yang sehat. Wastu tidak membangun bangunan yang egois dan sombong. Dia akan memperhatikan lingkungannya yang akan dibangun. Wastu juga tidak akan membangun gedung instansi perwakilan rakyat yang satu ruang  bagi wakil rakyat seharga 800 juta. Wastu juga tidak akan menjiplak karya orang lain yang berbentuk kotak dan membangunnya di daerah hijau.
Pekerjaan Yori Antar terhadap masyarakat Wae Rebo tersebut bisa dikatakan CBD (Community Based Development) yaitu meningkatkan kualitas hidup bagi masyarakat Wae Rebo tanpa mencampuri kebudayaan setempat. Pada saat pembangunan rumah baru, masyarakat Wae Rebo selalu melakukan upacara. Upacara dilakukan pada saat proses tiap-tiap jenis pembangunan. Misalnya pada saat pemotongan pohon, pembuatan pondasi, pembuatan struktur atap dan sampai tahap menghuni. Upacara yang dilakukan yaitu dengan memotong babi, anjing dan ayam. Upacara ini bertujuan untuk meminta ijin kepada para leluhur.
                                                                                  












 






Maket berbentuk rumah adat di Nias
Suasana di studio arsitek. Banyak sekali komputer, sketsa, maket, buku-buku dan juga gambar kerja.
Para penggiat rancang bangun kebanyakan bekerja mengejar waktu dan terkadang menghabiskan waktunya di kantor untuk menyelesaikan pekerjaannya. Saya tidak tahu apakah di kantor Yori Antar ini demikian.




Hobi fotografi yang dilakukan Yori Antar. Foto tersebut adalah elemen arsitektur dari bangunan karya   Antoni Gaudi, seorang arsitek yang tidak mengenal garis lurus karena banyak karyanya yang plastis (sedikit berseloroh...hehehe). Karya Gaudi yang terkenal adalah Sagrada Familia di Barcelona, yaitu bangunan gereja yang lebih dari satu abad ini belum selesai dibangun.
Foto-foto yang terpajang di dinding kantor. Foto-foto ini merupakan peralanan Yori Antar untuk menambah kamus asritekturnya. Selain itu juga terdapat banyak foto para rekan kerja Yori Antar.





Senin, 28 Maret 2011

"BUNG KARNO! KAU DAN AKU SATU ZAT..."

Dari Kompas hari Minggu, 27 Maret 2011. Sekiranya kita masih punya waktu untuk membaca. Dan (semoga) dengan itu kita pun akan lebih menghargai tulisan dan buku.
================================================================

Pekerja menyortir karya sastra yang dimuat di sejumlah harian di Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin, Jakarta, Kamis (24/3). PDS HB Jassin yang menjadi tempat pendokumentasian kesusastraan Indonesia dari berbagai sumber tersebut kini terancam tutup karena kekurangan dana.

SASTRA MATI DI GUDANG SEJARAH

Bau apak tiba-tiba menyergap begitu pintu sebuah perpustakaan milik yayasan dibuka. Sudah lama listrik dan telepon di situ tidak menyala. Lemari-lemari buku tampak berdebu dan buku-buku yang usianya ratusan tahun sudah melapuk. Sebuah peradaban yang perlahan hancur....

Jelas sekali perpustakaan milik Yayasan Budaya Sulawesi Selatan (YBSS) yang berdiri sejak tahun 1949 di Makassar terbengkalai. Hanya tertinggal Muhamad Salim, ahli bahasa Bugis, dan seorang pembantu bernama Ikhsan yang setia datang.

Sampai tiga tahun terakhir hanya bisa didata 2.809 buku penelitian berbahasa Belanda dan 100 lontarak (naskah di daun lontar) asal Sulsel. Masih begitu banyak koleksi yang belum terdata sehingga jumlah pastinya juga tidak pernah diketahui.

Sejak Ketua Yayasan YBSS Fachruddin Ambo Enre meninggal tahun 2008, kata Salim, yayasan seperti tanpa nakhoda. Tidak ada lagi kepengurusan. Salim bahkan bekerja tanpa honor selama tiga tahun terakhir. Di tempat berdebu dan usang itu sesungguhnya masih tersimpan terjemahan Alkitab dari bahasa Jerman ke bahasa Makassar yang terbit tahun 1892. Ada juga Injil Matius berbahasa Makassar cetakan tahun 1863! Bahkan seorang Belanda bernama Benjamin Frederik Matthes membawa karya sastra terpanjang di dunia, I La Galigo, ke Belanda setelah mendapatkannya dari seseorang.

Terbengkalai

Deretan daftar situs pendokumentasian dan perpustakaan yang notabene menyimpan pengetahuan dan jejak peradaban yang terbengkalai bisa cukup panjang. Belum hilang dari ingatan kita bagaimana Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin harus tertatih-tatih menjalani hari-harinya yang berat. Ketua Dewan Pembina Yayasan PDS HB Jassin Ajip Rosidi bahkan sudah melansir pernyataan akan menutup gudang sejarah itu.

Nasib Perpustakaan Bung Hatta di Jalan Adisutjipto, Yogyakarta, bahkan lebih memilukan. Perpustakaan yang berdiri sejak 1953 itu sudah ditutup tahun 2006. Gedungnya kini bocor di sana-sini, seperti rumah hantu. Menurut Ketua Dewan Pembina Yayasan Hatta Sri Edi Swasono, setidaknya Perpustakaan Hatta menyimpan lebih dari 40.000 buku. Kini buku-buku itu dititipkan di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. ”Semua buku diikat, entah bagaimana perawatannya,” ujar Edi Swasono.

UGM kemudian membuka Hatta Corner di perpustakaan universitas untuk menyelamatkan koleksi buku-buku Bung Hatta. Padahal, di salah satu koleksi buku Hatta ada Asia karya Alonso Viloa yang diterbitkan tahun 1561.

PDS HB Jassin yang di pelupuk mata saja bernasib mencemaskan, apalagi tempat seperti Museum Negeri Sulawesi Tenggara di Kendari. Sekitar 5.000 koleksi benda kuno, termasuk di antaranya 100 naskah tua, boleh dikata sudah rusak karena tak terurus. Sudah sekitar satu dekade museum tidak lagi dapat anggaran perawatan dan pemeliharaan. ”Sejak otonomi daerah tahun 2001, baru sekali dapat anggaran,” kata Kepala Seksi Bimbingan Edukasi Museum Negeri Sultra Rustam Tombili.

Bali yang begitu dikenal dengan perawatan tradisi karena dianggap memiliki nilai ekonomis juga tidak terhindar dari sikap menyepelekan peninggalan peradaban masa lalu. Banyak naskah tua yang tertulis di atas daun lontar yang tersimpan di Gedong Kirtya, Singaraja, Bali, pelan-pelan menuju kehancuran. Rayap-rayap bahkan mulai menggerogoti sebagian naskah.

Sastrawan Dewa Gede Windhu Sancaya yang pernah mendata naskah-naskah di situ menemukan kenyataan ada koleksi yang hilang. ”Koleksi yang hilang itu sulit sekali dilacak,” ujarnya.

Dalam kondisi begitu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Buleleng Putu Tastra Wijaya mengatakan, semua koleksi Gedong Kirtya sudah terawat baik. Tastra membantah bahwa ada naskah tua yang dimakan rayap. ”Itu cuma isu. Koleksi kami terawat dengan baik,” katanya.

Perlu komitmen

Menurut Doktor Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Padjadjaran, Bandung, Ninis Agustini Damayanti, perpustakaan dan dokumentasi harus ditangani ahli. Selama ini ada kesan pengelola perpustakaan disamakan dengan penjaga buku. ”Itu persepsi yang sangat keliru,” kata Ninis.

Komitmen pemerintah untuk mendanai kegiatan perpustakaan, katanya, belum kuat. Dananya belum menjadi prioritas. Dokumen dan naskah tua membutuhkan perawatan dan tempat penyimpanan yang layak. ”AC harus dinyalakan tujuh hari seminggu dan 24 jam sehari, tidak boleh mati,” tuturnya.

Di daerah tropis, suhu ruangan dipatok pada angka 20 plus minus 3 derajat celsius. Sementara kelembaban udara pada angka 50 plus minus 3 rh (relative humidity).

Menyaksikan pembiaran terhadap nasib peradaban ini, sekelompok anak muda bergerak cepat lewat jejaring sosial Twitter dan Facebook untuk menggalang solidaritas. Mereka membentuk tim #koinsastra yang dalam waktu cepat memobilisasi kepedulian ke berbagai daerah. Salah satu pencetus #koinsastra, Khrisna Pabhicara, mengatakan, kelompok ini tidak sabar menunggu kehancuran. ”Karena itu, lebih baik kita bergerak menyongsong badai,” katanya.

Setelah melakukan audiensi dengan pengurus Yayasan PDS HB Jassin, mereka sepakat melakukan digitalisasi naskah serta menggalang donasi dari para simpatisan. ”Kami sudah mengumpulkan enam komputer dan dua scanner dari para donatur. Masih kurang empat lagi,” tutur Ahmad Makki, pencetus #koinsastra lain.

Pertanyaannya, apakah dokumen-dokumen tua yang menyimpan peradaban masa lalu harus selalu meruapkan bau apak hingga napas kita sesak? Bukankah di situ dipertaruhkan identitas dan martabat bangsa? Mau apa dan ke mana sebenarnya kita ini.... N(SIN/RIZ/WKM/TOP/DEN/ENG/IND/BSW/CAN)

http://cetak.kompas.com/read/2011/03/27/03153970/sastra.mati.di.gudang.sejarah.
----------------------------------------------------------------------------------------------------


Mahasiswa menggalang dana dalam aksi koinsastra untuk PDS HB Jassin di Kampus Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI), Depok, Jawa Barat, Senin ( 21/3).


"BUNG KARNO! KAU DAN AKU SATU ZAT..."


Ayo ! Bung Karno kasi tangan mari kita bikin djandji

Aku sudah tjukup lama dengar bitjaramu

dipanggang atas apimu, digarami oleh lautmu

Dari mulai tgl 17 Agustus 1945

Aku melangkah kedepan berada rapat disisimu

Aku sekarang api, aku sekarang laut



Bung Karno ! Kau dan aku satu zat, satu urat

Di zatmu, di zatku, kapal2 kita berlajar

Di uratmu, di uratku, kapal2 kita bertolak & berlabuh

Kutipan di atas adalah puisi karya penyair Chairil Anwar (1922-1949) berjudul Perdjandjian Dengan Bung Karno yang ditulis tahun 1948. Naskah asli tulisan tangan sang penyair itu masih tersimpan di Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin.

Dalam versi aslinya itu, kata ”lama” pada baris kedua tertulis mencuat dan terjepit di antara kata ”tjukup” dan ”dengar”. ”Aku sudah cukup ”lama” dengar bitjaramu....” Di bawah kata itu terdapat contrengan. Ada kesan kata ”lama” sempat lupa tercantumkan. Tentu ini hanyalah penafsiran atas teks asli. Yang jelas, begitulah naskah asli puisi disimpan dan bisa kita nikmati sebagai dinamika zaman perjuangan yang terekam lewat puisi, yang oleh HB Jassin kemudian digolongkan sebagai Angkatan ’45.

Gelegak revolusi itu terekam benar lewat tulisan tangan Chairil. Dan di sanalah, di Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin, gelegak ”api” dan ”laut” Chairil itu tersimpan. Sungguh memprihatinkan dokumentasi semangat zaman itu dalam kondisi merana terbengkalai sekarang.

Sesudah Chairil Anwar meninggal tahun 1949, karyanya menjadi rebutan para penerbit. Namun, Chairil sudah mengumpulkan sendiri karya-karya sajaknya dan diserahkan kepada PDS HB Jassin.

Surat cinta Motinggo

PDS HB Jassin tidak sekadar menjadi ”gudang” karya sastra, tetapi juga dinamika kehidupan para pelaku sastra dari zaman ke zaman. Jassin memang rajin mengumpulkan tulisan tangan, catatan kecil dan surat-surat yang ditulis para penulis. Surat pernyataan Motinggo Boesje yang asli dengan judul ”Saya Menolak Hadiah Sastra 1962” masih tersimpan di PDS HB Jassin.

Surat pernyataan yang ditulis bulan Januari 1953 itu berisi penolakan Motinggo atas hadiah sastra yang diberikan untuk cerita pendeknya. Menurut dia, ukuran keberhasilan karya sastra tidak dapat diukur dari penghargaan-penghargaan yang diperoleh.

Kisah hidup penulis flamboyan ini juga terungkap dari catatan-catatan kecil yang dikirimkan Mas Mot (panggilan untuk Motinggo Boesje) kepada beberapa perempuan. Dalam catatan itu, Mas Mot menulis puisi cinta lengkap dengan lukisan sketsa ketika sedang rindu, menyesal, atau kangen kepada sang kekasih.

Mari kita baca puisi Motinggo Boesje yang juga ditulis tangan, lengkap dengan ilustrasi bunga-bunga. Kita kutip bait pertama dan terakhir dari puisi karya novelis, cerpenis, dan sutradara itu. Di bawah puisi itu tertera angka tahun 1988.

”Inilah buah indah rasa bersalah/Penyesalan ibarat memindah dua gunung/Masih saja membayang tangismu pagi itu/Air matamu membasuh hati yang berdebu...”

”Sudahlah. Kesekian kali kumohon maafmu/Matamu bagaikan malam dengan dua lampu.”

Jassin menyimpan naskah-naskah yang dikirimkan para pengarang ini dengan takzim, seolah itu amanat yang tidak bisa diabaikan. Sungguh ironis jika kemudian kita membiarkannya tanpa arti, bahkan menganggapnya sebagai coretan berdebu tak bermakna. Dan pengelola PDS HB Jassin, Endo Senggono, mengaku belum semua naskah asli itu disimpan dalam bentuk digital. ”Belum. Masih dalam map begitu saja,” katanya.

Tidak hanya karya sastra. Jassin juga menyimpan dokumen, seperti undangan perkawinan Motinggo dengan Lashmi Bachtiar pada 2 September 1962. Pada keterangan ”Djam” dan tempat tertulis: ”Djam 12.00 s/d 15.00 siang di Djalan Salemba Tengah II No 7 Djakarta”. Nama Motinggo dalam undangan tertulis sebagai Bustami Djalid. Di belakang nama itu tercantum nama senimannya, Motinggo Busje (ejaan sesuai dengan aslinya).

HB Jassin tidak hanya menyimpan, tetapi juga mencatat dengan sangat detail peristiwa berkait dengan sastra dan para pelakunya. Kita tengok bagaimana sepotong kehidupan Pramudya Ananta Toer tercatat dalam buku harian.

Pada hari Kamis 1 Maret 1954, misalnya, HB Jassin menulis, kunjungan Pramudya Ananta Toer pada pukul 19.30-20.15 di rumah Jassin. Pramudya yang baru pulang dari Blora, Jawa Tengah, ini membawa naskah cerita perjalanan. Dari catatan harian itu tergambar dinamika kehidupan penulis Pramudya atau Pram pada masa lalu. Ceritanya, Pram sedang butuh uang segera. Ia sudah memasukkan tulisan perjalanan ke majalah Mimbar, tetapi majalah itu tidak bisa segera membayar honornya. Tulisan Pram itu dirasa Jassin cocok untuk majalah Zenith, tetapi majalah ini sering terlambat terbit.

Setidaknya kita bisa merekonstruksi, betapa pilihan hidup sebagai pengarang seperti Pram penuh dengan kenyataan pahit. Sesungguhnya celaka jika nasib dokumentasi mereka pun kini kita abaikan.

Merana

Dokumen kebudayaan itu tersimpan di antara buku-buku sastra, prosa dan puisi, naskah drama, catatan biografi, tulisan tangan, dan surat-menyurat sastrawan besar di Tanah Air. Sebagian dokumen tersimpan di rak yang berderet memenuhi ruangan, sebagian lagi dibiarkan menumpuk begitu saja.

Tumpukan koran dan majalah tua berjubel di sela-sela rak buku yang sudah tidak muat lagi menyimpan tambahan koleksi. Kondisinya berdebu. Kertasnya sudah lapuk dan berwarna kuning kecoklatan. Benda-benda itu seperti benda bekas yang sudah usang. Sementara di dalamnya tersimpan jejak sejarah yang mencerminkan cara berpikir intelektual kita pada masa lalu.

Di antara tumpukan tadi masih bisa ditemukan majalah yang terbit di Indonesia pada awal Perang Dunia II (tahun 1940), seperti Pujangga Baru dan Panji Pustaka. Ada juga majalah Jawa Baru dan Kebudayaan Timur yang terbit di Indonesia pada masa pendudukan Jepang tahun 1942-1945. Koleksi lain yang lebih tua, seperti Kumpulan Sastra Melayu Tionghoa terbitan tahun 1900-1940, tersimpan di dalam sebuah lemari kaca.

Dengan ribuan buku, suasana pusat budaya itu sangat pengap. ”Sudah biasa kalau pengatur suhu udara di sini dimatikan. Dulu ketika pertama kali pusat dokumentasi ini resmi didirikan tahun 1977, enam bulan kemudian kami tidak mampu membayar listrik sehingga AC harus dimatikan total,” kata Harkrisyati Kamil atau Yati, yang pernah menjadi Kepala Dokumentasi PDS HB periode 1979-1983 mengenang.

Agar suhu di ruang dokumentasi tidak panas, Yati dan teman-temannya selalu membuka jendela lebar-lebar, lalu menyalakan kipas angin. ”Untungnya, waktu gedung itu dibangun, saya minta Pemerintah DKI Jakarta membuatkan jendela-jendela berukuran besar,” tutur Yati. Menurut Yati, gedung PDS HB Jassin yang dibangun pada masa Ali Sadikin menjadi Gubernur DKI Jakarta itu awalnya dirancang tanpa jendela.

Dirintis

Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin dirintis oleh penulis, penyunting, dan kritikus sastra almarhum Hans Bague (HB) Jassin. Penulis kelahiran Gorontalo, 13 Juli 1917, ini mengumpulkan dokumentasi sejak tahun 1930. Pada waktu ia masih berusia 13 tahun, HB Jassin gemar menyimpan buku-buku harian, buku-buku sekolah, karangan-karangan yang pernah ditulis di kelas, hingga surat dan foto pribadinya.

Kini pusat dokumentasi itu menyimpan 16.316 judul buku fiksi, 11.990 judul buku nonfiksi, 457 judul buku referensi, 772 judul buku/naskah drama, 750 map berisi biografi pengarang, 15.552 map kliping dari berbagai sumber, 610 lembar foto pengarang, 571 judul makalah, 630 judul skripsi dan disertasi, serta 732 kaset rekaman suara dan 15 kaset rekaman video dari para sastrawan Indonesia. Jumlahnya terus bertambah karena pengelola selalu memperbanyak koleksi. Boleh dibilang, PDS HB Jassin adalah pusat dokumentasi sastra modern Indonesia terlengkap. Bahkan, ada yang menyebutnya terlengkap di dunia, tetapi kenapa nasibnya begitu mengenaskan?

(Lusiana Indriasari/Luki Aulia/Putu Fajar Arcana/Frans Sartono)

http://cetak.kompas.com/read/2011/03/27/0416342/bung.karno.kau.dan.aku.satu.zat...
----------------------------------------------------------------------------------------------------


Anak-anak yang duduk di jenjang pendidikan dasar mengunjungi Perpustakaan Daerah Provinsi DKI Jakarta, Rabu (23/3). Bagi anak-anak, perpustakaan tidak hanya menjadi pusat informasi dan pelajaran, namun juga menjadi sarana rekreasi.

TAMASYA DI TAMAN BUKU

Oleh Budi Suwarna dan Yulia Sapthiani

Indah Widyaningsih (10) dijuluki ”penghuni tetap” Perpustakaan dan Arsip Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hampir setiap hari sejak tahun 2007, bocah itu rutin berkunjung ke sana.

Siang itu, Senin (21/3), Indah asyik berselancar di internet di Ruang Baca Anak-anak di perpustakaan milik Pemprov DKI. Dia memelototi gambar seekor kadal dan menyimak keterangannya. ”Saya lagi mencari jawaban untuk tugas mata pelajaran IPA,” ujar bocah Kelas V SDN Menteng Dalam 01 Pagi, Jakarta Selatan, itu.

Indah biasanya datang pukul 14.00-an dan pulang pukul 17.00. Dia langsung menuju ke ruang baca khusus anak-anak untuk berselancar di dunia maya. Setelah itu, dia biasanya mengerjakan tugas atau membaca buku. ”Saya paling senang membaca kamus Bahasa Indonesia. Saya jadi tahu arti setiap kata,” ujar Indah.

Indah mengenal perpustakaan itu tahun 2007 setelah bapaknya berjualan makanan di Gedung Olah Raga Soemantri Brojonegoro yang berada tepat di sebelah perpustakaan. ”Saya menemani bapak jualan. Suatu hari saya bosan dan coba-coba masuk ke perpustakaan. Ternyata tempatnya enak,” tuturnya.

Indah pun keranjingan datang ke perpustakaan tersebut. Dia menemukan sesuatu yang orangtuanya belum bisa sediakan, yakni seabrek buku pelajaran, buku cerita, kamus, fasilitas internet gratis, serta ruang belajar ber-AC. Sejak itu, dia tenggelam di perpustakaan itu.

Selain Indah, ada belasan bocah yang larut di taman ilmu pengetahuan itu. Sebagian membaca buku dengan posisi duduk di kursi-kursi mungil, sebagian sambil tiduran di lantai berlapis karpet. Jika bosan dengan satu buku, mereka mengambil buku lain yang ditempatkan rapi di beberapa rak.

Di antara mereka ada Abdul Aziz (12), siswa Kelas VI SDN Menteng Atas 06 Pagi, Setia Budi, Jakarta Selatan, dan tujuh temannya. Mereka belajar bersama untuk persiapan ujian tengah semester yang sebentar lagi tiba. ”Belajar di sini enak, tempatnya adem, bukunya banyak. Kalau di rumah panas, enggak pakai AC,” ujar Abdul.

Suasana serupa terlihat di Rumah Baca Manca milik keluarga Rhenald Kasali dan istrinya, Elisa Kasali, di Pondok Jatimurni, Bekasi. Selasa siang, belasan anak usia TK hingga SD asyik membaca beragam buku cerita sambil lesehan. Jika sudah bosan, mereka bermain di halaman berumput hijau yang dilengkapi aneka mainan.

Tiara (10) sangat senang berada di sana. Dia tidak kelimpungan saat mengikuti pelajaran membaca puisi dan bercerita. ”Bahan cerita tinggal saya ambil dari buku cerita di tempat ini.”

Minat baca

Melihat anak-anak datang rutin ke Rumah Baca Manca, hati Elisa Kasali pun senang. Setidaknya, misinya untuk memfasilitasi kegemaran membaca di kalangan anak-anak menuai hasil. ”Saya tahu anak-anak punya minat baca, tetapi fasilitasnya masih minim.”

Elisa ingat, ketika anak-anak sekitar rumahnya bermain dengan anak keduanya, Adam, mereka betah berjam-jam membolak-balik buku milik Adam. Dari situ, Elisa dan suami membuka rumah baca di rumahnya tahun 1998 untuk anak-anak sekitar.

Dia mengundang murid-murid SD di sekitarnya untuk datang. Awalnya, pihak sekolah menolak ”undangan” itu karena mereka mengira anak-anak akan dikenai iuran. Setelah tahu gratis, mereka berminat, bahkan mendorong murid-muridnya untuk datang ke Manca. Kini, Manca tidak pernah sepi dari pengunjung. Di hari libur sekolah, anak-anak yang datang bisa 150 orang.

Siti Sarah, Kepala Bidang Layanan dan Pelestarian Perpustakaan dan Arsip Daerah Pemprov DKI juga senang dengan kunjungan bocah-bocah SD. ”Kalau dari kecil sudah sering ke perpustakaan, selanjutnya mereka akan senang membaca.”

Dia tambah gembira karena tren kunjungan para bocah ke perpustakaan itu setahun terakhir mengalami kenaikan. Sekadar contoh, Januari 2011, bocah SD yang datang berjumlah 1.194 orang. Februari, jumlahnya naik menjadi 1.314 orang. Jumlah itu sekitar seperempat jumlah pengunjung kategori remaja dan dewasa.

”Kami berusaha terus mendekatkan perpustakaan kepada anak-anak SD. Kami, misalnya, mengadakan kegiatan dongeng setiap Jumat dan setiap hari-hari penting,” ujar Siti.

Perpustakaan juga berusaha merangkul sebanyak mungkin anggota baru. ”Kami bahkan sudah sampai jemput bola. Kalau ada siswa yang ingin daftar menjadi anggota perpustakaan secara kolektif, kami datangi sekolahnya,” kata Siti.

Siti sebenarnya tidak terlalu khawatir dengan minat baca anak-anak SD. ”Minat baca itu bisa dibangkitkan asal pemerintah serius menyediakan perpustakaan hingga tingkat desa seperti diamanatkan UU Nomor 43 Tahun 2007.”

Selain menumbuhkan minat baca, orang Indonesia juga mesti diajarkan etika di perpustakaan. ”Banyak orang mengambil buku, melihat-lihat, lantas menaruh kembali ke rak tanpa memerhatikan nomor katalognya. Itu bikin kacau,” ujar Anton Holtzapffel, pustawakan Perpustakaan Erasmus Huis di Kedutaan Besar Belanda, Jakarta.

Itu belum seberapa. Siti sering mendapati koleksi buku di perpustakaan yang dikelolanya dirobek atau ditulisi kalimat tidak senonoh. ”Itu justru dilakukan pengunjung dewasa. Kalau anak-anak tertib. Memulangkan buku pun tepat waktu.” (ROW)

http://cetak.kompas.com/read/2011/03/27/04170487/tamasya.di.taman.ilmu

================================================================

Minggu, 20 Maret 2011

Parakan, Sebuah Kunjungan Singkat.



Jalan-jalan di Parakan adalah sebuah rencana sampingan di hari Minggu 5 Maret 2011. Rencana awal jelas: menjemput kawan yang mengikuti workshop Desa-Kota, belajar dari radio kayu 'Magno', di Temanggung, Jawa Tengah. Tapi jalan-jalan di Parakan menjadi hal yang lebih bermakna hari itu dibanding menjemput si kawan beserta ceritanya.

Kami parkir mobil di Klenteng Parakan, berjalan kaki menuju tempat tujuan sambil menikmati-mencermati suasana kotanya yang sederhana (apa ini kota?). Lengang, tak ramai kendaraan, sejuk, bersahabat buat berjalan kaki. Coretan kreatif membuyarkan formalitas dinding-dinding kaku-beku. Sebuah bangunan 'spontan' pun layak diabadikan kamera.


Menikmati Rumah Bhante (agamawan yang juga administratur dalam agama Budha).
Sebuah bangunan tua terpelihara yang merupakan perpaduan China dan Eropa.
Rumah ini gabungan dari dua rumah saling membelakangi.
Dan akhirnya mengaburkan mana depan mana belakang.
Mungkin tak perlu ada belakang, semua sama-sama depan menghadap jalan.



Mengintip pengolahan tembakau. 
Tembakau-tembakau 'rusak' yang diolah dan disimpan-dikeringkan hingga bertahun-tahun untuk kemudian digunakan kembali. 
Industri rumahan sumber kesibukan warga.

Dalam perjalanan kembali ke Klenteng Parakan. 
Detail dari bangunan sederhana yang mengingatkan permainan arsitektur Mangunwijaya. 
Apa benar Mangunwijaya?

Tiba lagi di Klenteng Parakan.
Sayang cuma satu foto tersisa.
Dan sayang lagi tidak mampu menceritakan prosesi upacara.

Memang tak banyak kata-kata yang bisa diceritakan di sini.
Dan tak banyak gambar-gambar yang bisa menceritakan pengalaman kami.
Namun sekiranya teman-teman bisa mengalami sendiri.
Silakan kunjungi Parakan.
Bayu, Rama, Errik, Imelda, dan Krishna (di balik kamera)