Sabtu, 25 Juni 2011

Kampung Bersuara (Saatnya)


Ide komik ini didapat pada 30 September 2010 terinspirasi dari gerakan teman-teman arsitektur dan non-arsitektur yang mendampingi kampung-kampung di beberapa kota, khususnya Solo. Ide komik ini juga muncul sebagai keprihatinan dan sekaligus kritik penulis terhadap teman-teman muda arsitektur dan non-arsitektur yang begitu sibuk dengan dunia pribadinya. Mungkin komik ini juga menjadi kritik terhadap diri penulis sendiri ketika juga terlalu sibuk dengan dunia pribadi sendiri. Namun juga komik ini merupakan dukungan pribadi terhadap gerakan teman-teman agar terus hidup sementara penulis sendiri belum bisa berpartisipasi nyata (karena masih sibuk dengan dunia pribadi sendiri).

- - -

“Bukan melalui retorika gegap gempita, ataupun bermain politik dengan kaum elite, melainkan dengan menanamkan akar-akar pranata yang beradab-berkeadilan di bumi nyata, dengan belajar dan membangun bersama dengan rakyat di kampung-kampung. Sebab, mayoritas bangsa Indonesia tinggal di kampung-kampung. Sebab, kampung, sebagai satuan terkecil permukiman dan masyarakat, merupakan benteng terakhir pertahanan rakyat dari kekuatan-kekuatan yang buas-menindas. Dari sanalah demokrasi, sebagai landasan pranata beradab-berkeadilan yang kita cita-citakan, semestinya dibangun.”

- Darwis Khudori dalam sampul bukunya, “Menuju Kampung Pemerdekaan” -


- - -


 Bagaimana teman-teman arsitektur dan non-arsitektur? Bagaimana generasi muda?


?

- Errik Irwan -

2 komentar:

  1. Erikk, maaf kalo oot, tapi saya baru aja baca ttg aksi dari temen2 di jakarta LOH (love our heritage) yang memebersihkan mus0leum di petamburan http://www.loveourheritage.org/program/save-the-o-g-khouw-mausoleum/
    apa ada kegiatan cs8 yg sejenis ini (terutama di semarang)? saya ingin berpartisipasi..terimakasih

    BalasHapus
  2. Untuk Semarang saat ini banyak yang saya tidak tahu karena saya saat ini tinggal di Sanur & tidak ada kabar memadai dari teman2 Semarang(mereka sangat sibuk entah apa). Namun di Bali ada beberapa kegiatan dari kaum muda yang sudah & sedang berjalan. Bisa lihat http://akarumput.com/ID/category/inspiration/. Dan saat ini saya sedang banyak belajar dari mereka.

    BalasHapus